/* NO Copas Kbd Pre blockquote */ .post-body{ -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none; } pre{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; }

Header Ads

test

AKUISISI DATA (PERANGKAT KERAS)


 

Nama : Ravly Bayu Nugraha

Kelas : 3KB04

NPM : 25118935


TUGAS 6 : AKUISISI DATA (PERANGKAT KERAS)

 

1. Dalam konsep akuisisi data jelaskan apa perbedaan antara perangkat keras akuisisi data dan perangkat keras analisa data!

2. Berikan contoh proses pada perangkat keras akuisisi data dan analisa data!



Jawab :

 

1.         Perangkat Keras Akuisisi Data (DAQ) adalah kategori perangkat keras yang terlibat dalam menggabungkan sinyal yang dapat dikirim ke sistem komputer dan digunakan sebagai data internal. Jenis teknologi yang agak konvensional ini telah menjadi bagian dari antarmuka komputer selama beberapa waktu, tetapi juga memiliki kegunaan yang sangat relevan terkait dengan teknologi yang lebih baru seperti platform seluler dan sistem data besar. Sedangkan,

            Perangkat Keras Analisa Data, Merupakan perangkat yang digunakan untuk memproses data secara real time, sehingga dibutuhkan prosesor yang dapat  melakukan komputasi atau pemrosesan data yang lebih cepat.

 

2.         Contoh Perangkat Keras Akuisisi Data :

            Contoh sederhananya adalah proses pengukuran suhu dalam suatu ruangan sebagai nilai digital menggunakan sensor seperti termokopel. Sistem akuisisi data modern dapat mencakup penambahan analisis data dan perangkat lunak pelaporan, konektivitas jaringan, dan opsi kendali dan pemantauan jarak jauh. Semua sistem akuisisi data terdiri dari tiga elemen penting yaitu Sensor, Pengkondisi Sinyal, dan Analog-to-Digital Converter (ADC).

           

            Contoh Perangkat Keras Analisa Data :

            Prosesor TMS320C30 dan Texas Instrument, mampu melakukan 33 juta operasi floating-point dalam satu detik (Million Floating-point Operations Per Second = MFLOPS).

 

 


Tidak ada komentar