/* NO Copas Kbd Pre blockquote */ .post-body{ -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none; } pre{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; }

Header Ads

test

perkembangan sistem informasi berbasis komputer




Nama: Ravly Bayu Nugraha W

Kelas : 3KB04

NPM : 25118935

 

 

Perkembangan Sistem Informasi berbasis Komputer dan dapat memberikan analisa contoh aplikasi sistem Informasi di Perusahaan.

 

Sistem Informasi berbasis Komputer merupakan Suatu sistem pengolahan data menjadi informasi yang berkualitas dan digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan dan kendali serta visualisasi dan analisis. Tetapi pada prakteknya Sistem Informasi tersebut tidak akan dalam berjalan dengan baik tanpa Komputer. Beberapa istitah terkait dengan CBIS (Computer Based Information System / Sistem Informasi berbasis Komputer) antara lain adalah Data, Informasi Sistem, Sistem Informasi dan Basis Komputer.

 

Usaha penerapan Komputer dalam bidang Bisnis terus berkembang sesuai dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi. Tahapan-tahapan perkembangan tersebut meliputi :

 

1. Fokus awal pada Data (EDP / Elektronik Data Processing)

Didukung dengan munculnya Punched Card dan Keydriven Book Keeping Machines dan Perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan Informasi para Managernya. Contoh Aplikasi yang digunakan adalah Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

 

2. Fokus awal pada Informasi (MIS / Management Information System) 

Karna banyak di perkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan untuk bisa melakukan pemrosesan lebih banyak, hal ini diorentasikan untuk konsep penggunaan komputer sebagai Sistem Informasi Managemen (SIM). Hal ini menunjukan bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi managemen. Contoh Aplikasi yang digunakan salah satunya adalah Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (AI).

 

3.  Fokus revisi pada Pengambilan Keputusan (DSS / Decision Support System)

Decision Support System (DSS) merupakan Sistem penghasil informasi yang di tujukan pada suatu masalah tertentu dan harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manager. 

 

4.  Fokus sekarang pada Komunikasi (OA / Office Automation)

Office Automation (OA) akan memudahkan komunikasi dan menigkatkan produktivitas diantara manager dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. Contoh Aplikasi OA yang telah berkembang dalam berbagai bentuk aplikasi seperti konferensi jarak jauh (Teleconference), Voice Mail, Email, Elektronic Calendaring dan sebagainya.

 

5. Fokus Potensial pada Konsultasi (AI / Artificial Intelligent ) dan (ES / Expert System)

Ide dasar Artificial Intelligent (AI) adalah Komputer yang dapat di program untuk melaksanakan sebagian penalaran yang logis yang sama seperti manusia. Sistem Palar adalah Suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang. Sedangkan sistem yang menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk memecahkan masalah dinamakan dengan Sistem berbasis Pengetahuan (Knowledge Bases System).

 

    Tiap Subsistem CBIS layaknya seperti Organisme hidup yakni, Lahir, Tumbuh, Berfungsi dan Mati. Proses evolusi tersebut dinamakan sikulus hidup sistem (SLC). Upaya pencapaian sistem informasi berbasis komputer menggunakan end user computing, yaitu Pengembangan sistem berbasis komputer yang digunakan sendiri. Tahap-tahap  dari siklus hidup sistem meliputi : Perencanaan, Analisis, Rancangan, Penerapan dan Penggunaannya.

 

Tidak ada komentar