/* NO Copas Kbd Pre blockquote */ .post-body{ -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none; } pre{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; }

Header Ads

test

Komponen dan Aplikasi Sistem Pakar

 

Nama: Ravly Bayu Nugraha W

Kelas : 3KB04

NPM : 25118935


Tugas Komponen dan Aplikasi Sistem Pakar

1. Jelaskan tentang komponen sistem pakar!

2. Sebutkan contoh aplikasi dari sistem pakar!

 

Jawaban :

1. Komponen dari sistem pakar ialah :

    a. Antar Muka Pengguna (User Interface)

    Merupakan Mekanisme yang digunakan oleh pengguna dan sistem pakar untuk berkomunikasi, informasi yang diterima dari pemakai diubah kedalam bentuk yang dapat diterima oleh sistem dan menghasilkan pengetahuan yang di mengerti oleh pemakai.

    b. Basis Pengetahuan

    Basis Pengetahuan mengandung pengetahuan untuk pemahaman, formulasi dan penyelesaian masalah. Komponen ini disusun atas elemen dasar yaitu fakta

    c. Mesin Inferensi

    Merupakan Bagian yang mengandung mekanisme fungsi berfikir dan pola-pola penalaran sistem yang digunakan oleh seorang pakar. Mekanisme ini akan menganalisa suatu masalah dan akan mencari jawaban atau kesimpulan terbaik. Mesin Inferensi disebut juga otak dari sistem pakar.

    d. Memori Kerja

    Merupakan bagian dari sistem pakar yang menyimpan fakta-fakta yang diperoleh saat dilakukan proses konsultasi. Fakta-fakta inilah yang nantinya akan diolah oleh mesin inferensi berdasarkan pengetahuan yang disimpan dalam basis pengetahuan untuk menentukan suatu keputusan pemecahan masalah.

    e. Fasilitas Penjelasan

    Karena pemakai kadangkala bukanlah ahli dalam bidang tertentu, maka dibuatlah fasilitas penjelasan. Fasilitas Penjelasan ini penting untuk memberikan gambaran mengenai begaimana jalannya penalaran sehingga dihasilkan suatu keputusan.

    f. Fasilitas akusisi Pengetahuan

    Fasilitas akusisi Pengetahuan ini penting agar pengetahuan yang ada dapat ditambahkan kapan saja ketika pengetahuan baru diperoleh atau saat pengetahuan ang sudah ada tidak berlaku lagi.

 

2. Contoh Aplikasi pada sistem pakar

    a. Pada bidang Kesehatan : Aplikasi E2gLite, yaitu sistem yang didesain untuk menerima masukan konsultasi dari pengguna, sistem ini di develop oleh Expertise2Go (Berbasis Internet). Kelebihan dari aplikasi ini yaitu Mengedepankan usability dari user dalam mengakses aplikasi ini. Dan aplikasi ini dapat diakses melalui browser

    b. Pada bidang Medical : Pada bidang kedokteran, sistem pakar dugunakan untuk mendiagnosis penyakit yang sesuai dengan gejala, dan berdasarkan itu Greader dapat memberikan solusi dalam menyembuhkan penyakit tersebut. Dalam bidang ini, dulakukan analisis berdasarkan jenis penyakit menggunakan algoritma program yang sudah dikembangkan oleh tim dan ahli dalam mengatasi penyakit seseorang.

    c. Pada bidang Manajerial : Sistem pakar melakukan analisis, sintesa dan integrasi intuk membangun perusahaan dengan analisis pada sistem pakar.

    d. Pada bidang Kesehatan (Farmakologi dan Terapi) : Pada bidang ini sistem pakar diharuskan untuk menganalisa penggunaan obat secara benar, tepat dan akurat dalam tindakan medis

    e. Pada bidang Psikologis : Sistem pakar digunakan untuk menganalisis gangguan pada pertumbuhan anak. Analisis yang dilakukan menggunakan certainly factor untuk mengetahui gangguan yang terjadi pada pertumbuhan anak.

 

Tidak ada komentar