/* NO Copas Kbd Pre blockquote */ .post-body{ -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none; } pre{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; }

Header Ads

test

Tugas 3 : Tranduser dan Sensor



 Nama : Ravly Bayu Nugraha

Kelas : 3KB04

NPM : 25118935

Dosen : Robby Chandra

 

PENGANTAR SISTEM CERDAS

SOAL!!!

1. Jelaskan peranan tranduser dan sensor dalam sistem cerdas!

 

2. Berikan contoh penggunaan sensor untuk mendeteksi masukan dan tranduser untuk media keluaran dalam aplikasi sistem cerdas yang digunakan sehari-hari!

 

3. Jelaskan peranan sensor pada soal nomor 2 untuk mendeteksi masukan apa dan peranan tranduser pada soal nomor 2 untuk menampilkan keluaran apa!

 

JAWABAN!!!

1.      Sensor adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi perubahan besaran fisik seperti tekanan, gaya, besaran listrik, cahaya, gerakan, kelembaban, suhu, kecepatan dan fenomena-fenomena lingkungan lainnya. Maka dari itu, dia berperan sebagai pendeteksi perubahan yang akan menjadi input/masukan pada sistem cerdas. Sedangkan tranducer suatu peranti yang dapat mengubah suatu energi ke bentuk energi yang lain yang di mana perananya sebagai output atau keluaran pada sistem cerdas tersebut.

 

2.      Alarm kebakaran contohnya, sensor nya akan memberi masukan bahwa ada api dan akan memicu tranduser untuk menyalakan sirine

 

3.     Sensor tersebut merupakan sensor thermal di mana akan mendeteksi suhu di tingkat berbahaya lalu akan memberikan masukan yang akan di proses di prosesor alat tersebut dan akan di teruskan ke tranducer untuk di ubah masukan tersebut menjadi energi lain seperti suara dan cahaya untuk mennyalakan sirine darurat kebakaran.

Tidak ada komentar