/* NO Copas Kbd Pre blockquote */ .post-body{ -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none; } pre{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; }

Header Ads

test

Pengaplikasi Kecerdasan Buatan

 

Nama : Ravly Bayu Nugraha

Kelas : 3KB04

NPM : 25118935

Dosen : Robby Chandra

PENGANTAR SISTEM CERDAS

 

Soal!!

1. Jelaskan komponen-komponen apa saja yang diperlukan untuk mengaplikasikan kecerdasan buatan!

2. Jelaskan pengaplikasian kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contohnya!

3. Mengapa kecerdasan buatan digunakan untuk membantu kegiatan manusia? Jelaskan!

 

Jawaban.

1. 2 bagian utama yg dibutuhkan untuk aplikasi kecerdasan buatan :

a. basis pengetahuan (knowledge base): berisi fakta-fakta, teori, pemikiran & hubungan antara satu dengan lainnya.

b. motor inferensi (inference engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman

 

Sistem produksi secara umum terdiri dari komponen-komponen :

a. ruang keadan, yang berisi keadaan awal, tujuan, kumpulan aturan yang digunakan untuk mencapai tujuan

b. strategi kontrol, berguna untuk mengarahkan bagaimana proses pencarian akan berlangsung dan mengendalikan arah eksplorasi

 

2. - Asisten Virtual Pribadi

Siri, Google Now dan Cortana adalah semua asisten pribadi digital cerdas di berbagai platform (iOS, Android, dan Windows Mobile).

 

- Video game

Salah satu contoh AI yang kebanyakan orang mungkin kenal, sejak pertama kali adanya video game yang pertama, AI telah digunakan. Tetapi tingkat kompleksitas dan keefktivan AI tersebut telah meningkat secara eksponensial selama beberapa dekade terakhir.

 

- Mobil Pintar (mobil nyetir sendiri)

Anda mungkin belum pernah melihat seseorang membaca koran saat mengemudi untuk bekerja, tetapi mobil self-driving semakin mendekati kenyataan; Proyek mobil self-driving Google dan fitur “autopilot” Tesla adalah dua contoh yang telah ada di berita akhir-akhir ini. Washington Post melaporkan pada algoritma yang dikembangkan oleh Google yang berpotensi membiarkan mobil self-driving belajar mengemudi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan manusia: melalui pengalaman.

 

- Bidang Keuangan

AI diterapkan untuk aplikasi keuangan pribadi, seperti Mint atau Pajak Turbo, adalah lembaga keuangan yang sedang naik daun. Aplikasi seperti ini dapat mengumpulkan data pribadi dan memberikan nasihat keuangan. Program lain, IBM Watson menjadi satu, telah diterapkan pada proses pembelian rumah. Hari ini, perangkat lunak melakukan banyak perdagangan di Wall Street.

 

- Perangkat Rumah Cerdas

Banyak perangkat rumah pintar sekarang termasuk kemampuan untuk mempelajari pola perilaku Anda. Hal ini dibuat untuk membantu Anda menghemat uang, energi dan dalam upaya untuk meningkatkan kenyamanan.

 

 

3. Kecerdasan buatan diharapkan dapat melakukan beragam hal yang akan memudahkan manusia mulai dari pemrosesan bahasa alami, mengenai persepsi, penalaran, menggerakkan dan manipulasi objek, mengenai pengetahuan, dan juga melakukan pembelajaran.

 

Jika di ambil kesimpulan secara menyeluruh, kecerdasan buatan berusaha untuk membuat robot yang memiliki kecerdasan yang mirip atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

 

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, manusia dapat menjadi pemerintah sedangkan robot cerdas digunakan untuk melakukan pekerjaan kasar. Robot dengan kecerdasan buatan akan memiliki pengetahuan yang lebih tinggi daripada manusia karena untuk memberikan kecerdasan buatan manusia hanya perlu memasukkan data dan sistem akan mempelajarinya.

Tidak ada komentar